Rika, Desta Punda (2025) Pengaruh Congklak Dana Buddhis (CONGDANBUD) dan Pendekatan Gamifikasi Terhadap Keterampilan Kognitif Siswa. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 2. HALAMAN ROMAWI.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. HALAMAN ROMAWI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB) | Request a copy
![[thumbnail of 3. BAB 1.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB) | Request a copy
![[thumbnail of 4. BAB 2.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB) | Request a copy
![[thumbnail of 5. BAB 3.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB) | Request a copy
![[thumbnail of 6. BAB 4.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB) | Request a copy
![[thumbnail of 7. BAB 5.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB 5.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Keterampilan kognitif merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan karena berkaitan langsung dengan kemampuan siswa
dalam berpikir kritis, menganalisis informasi, memahami konsep, serta memecahkan masalah. Keterampilan ini menjadi dasar
utama dalam membentuk proses pembelajaran yang efektif, bermakna, dan berkelanjutan. Peningkatan keterampilan kognitif
tidak hanya berpengaruh pada hasil akademik peserta didik, tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya
manusia secara keseluruhan. Hal ini menjadi penting dalam mencetak generasi yang mampu beradaptasi dan berkontribusi
terhadap kemajuan bangsa di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak
dana Buddhis dan pendekatan gamifikasi terhadap keterampilan kognitif siswa Sekolah Minggu Buddha (SMB) Sakyamuni.
Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang
disebarkan kepada seluruh populasi sebanyak 32 siswa, yang sekaligus menjadi sampel. Teknik analisis data menggunakan
regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara permainan congklak dana Buddhis dan pendekatan gamifikasi terhadap peningkatan keterampilan kognitif
siswa, dengan kontribusi sebesar 83,8%. Sementara itu, 16,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam
penelitian ini. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis nilai-nilai Buddhis yang
dikombinasikan dengan pendekatan menyenangkan seperti gamifikasi, sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif
siswa di lingkungan pendidikan keagamaan. Oleh karena itu, pendekatan ini layak dikembangkan lebih lanjut dalam berbagai
jenjang pendidikan, baik formal maupun nonformal, guna menciptakan proses belajar yang menyenangkan, relevan, dan
transformatif demi mencetak generasi yang unggul dan berkarakter sesuai nilai moral Buddhis secara holistik dan berkelanjutan
di masa kini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Congklak Dana Buddhis, Pendekatan Gamifikasi, Keterampilan Kognitif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | wistina wistina seneru |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:15 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:57 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/379 |