Setyana, Meta Eka (2011) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Group Investigation Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha (Studi Kasus Pada SMA Bodhisattva Bandar Lampung). Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of Pengesahan.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (741kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
![[thumbnail of BAB IV EDIT JADI.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV EDIT JADI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (101kB)
Abstract
Proses pembelajaran melalui interaksi timbal balik guru dan siswa, siswa dan siswa, secara tidak langsung menyangkut berbagai komponen lain yang saling terkait menjadi satu sistem yang utuh. Perolehan prestasi belajar sangat ditentukan oleh baik tidaknya kegiatan dan pembelajaran selama program pendidikan dilaksanankan di kelas yang pada kenyataannya tidak pernah lepas dari masalah.“Mengajarkan seorang siswa agar menjadi baik, memahami, menyimpan, mengingat, memecahkan, membiasakan diri, mempertimbangkan dalam pikirannya dan merealisir teori (dinnhiya) ajaran guru adalah menyenangkan pada awal dan akhir (M. I. 213).
Perlu dikembangkan suatu metode pembelajaran yang mampu melibatkan peran serta siswa secara menyeluruh sehingga kegiatan belajar mengajar tidak hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja. Selain itu, melalui pemilihan metode pembelajaran tersebut diharapkan sumber informasi yang diterima siswa tidak hanya dari guru melainkan juga dapat meningkatkan peran serta dan keaktifan siswa dalam mempelajari dan menelaah ilmu yang ada terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan peran serta siswa adalah metode pembelajaran Cooperative. Dalam metode pembelajaran Cooperative lebih menitikberatkan pada proses belajar pada kelompok.
Penelitian ini bersifat eksperimen dengan teknik studi kasus, yaitu dengan sengaja mengusahakan tumbuhnya variabel-variabel dan selanjutnya dilakukan suatu perlakuan terhadap variable-variabel yang munculkan untuk dilihat pengaruhnya terhadap prestasi belajar pendidikan agama Buddha siswa melalui pre-test dan post-test dengan uji kesamaan dua rata-rata atau Paired Sample T Test. Hasil dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas XI SMA Bodhisattva Bandar Lampung dari tes awal dan tes akhir yang diberikan dengan penggunaan metode Cooperative Group Investigation dan metode konvensional terbukti bahwa prestasi belajar pendidikan agama Buddha dengan menggunakan metode Cooperative Group Investigation lebih besar dari pada menggunakan metode konvensional. Hal tersebut terlihat dari korelasi dari penggunaan metode Cooperative Group Investigation adalah 0,741 yang berarti memiliki hubungan yang kuat dengan tingkat signifikat 0,00.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Cooperative Group Investigation, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Buddha.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | wistina wistina seneru |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:44 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:44 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/368 |