Pengaruh Sekolah Minggu Buddha Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Vihara Maitri Wira Agung Tulang Bawang

Yulianto, Dedi (2017) Pengaruh Sekolah Minggu Buddha Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Vihara Maitri Wira Agung Tulang Bawang. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI AWAL DEDI YULIANTO - COVER.pdf] Text
SKRIPSI AWAL DEDI YULIANTO - COVER.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of SKRIPSI AWAL DEDI YULIANTO - PENGESAHAN.pdf] Text
SKRIPSI AWAL DEDI YULIANTO - PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 2.pdf] Text
SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 2.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 3.pdf] Text
SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 4.pdf] Text
SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI DEDI YULIANTO - BAB 5.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of SKRIPSI DEDI YULIANTO - DAPUS.pdf] Text
SKRIPSI DEDI YULIANTO - DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sekolah Minggu Buddha terhadap kecerdasan emosional vihara maitri wira agung. Penelitian ini dilakukan karena sekolah minggu Buddha yang belum berjalan dengan baik antara guru atau pembina dan siswa, siswa sering ribut, tidak disiplin, tidak konsentrasi, dan tidak mendengarkan guru atau pembina menjelaskan materi.
Sekolah Minggu Buddha merupakan suatu interaksi secara tatap muka secara langsung yang memungkinkan setiap peserta sekolah minggu menangkap reaksi orang lain secara langsung baik secara verbal maupun non-verbal. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengelola emosinya secara efektif untuk mencapai tujuan, membangun hubungan yang produktif dengan orang lain dan meraih keberhasilan, berfikir asosiatif dan daya ingat, berfikir rasional, sikap hormat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ialah seluruh siswa-siswi Sekolah Minggu Buddha berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Data dianalisis dengan mengunakan pendekatan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan regresi linier sederhana tersebut diperoleh nilai bahwa kecerdasan emosional (Y) dipengaruhi oleh sekolah minggu Buddha (X) yaitu t hitung > t tabel (7,194>1,686) atau Sig< 0,05 (0,000<0,05), dengan besaran pengaruh yang diberikan oleh sekolah minggu buddha (X) terhadap kecerdasan emosional (Y) sebesar 57,7%.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada sekolah minggu Buddha terhadap kecerdasan emosional Vihara Maitri Wira Agung Tulang Bawang. Besaran pengaruh tersebut adalah 57,7% dan 42,3% kecerdasan emosinal faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Sekolah Minggu Buddha, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:46
Last Modified: 30 Apr 2025 04:46
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item
View Item