Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti SDN 32 Tegineneng

Yunitasari, Wiwik (2021) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti SDN 32 Tegineneng. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pendidikan agama Buddha dan budi pekerti di SDN 32 Tegineneng. Pembelajaran ini memiliki beberapa kendala, misalnya: a) siswa tidak memiliki alat untuk berkomunikasi, b) siswa menghadapi kesalahan koneksi internet. Guru berusaha mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus instrumental dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di SDN 32 Tegineneng dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama Buddha adalah guru melakukan kunjungan rumah, membelikan buku pelajaran, menyusun perencanaan berbasis aktivitas dan melaksanakan pembelajaran dengan metode bervariasi. Faktor penghambatnya adalah jaringan seluler yang tidak stabil, tidak memiliki alat komunikasi sendiri, membuat siswa terlambat bahkan tidak mengerjakan tugas dan keterbatasan buku pendidikan agama Buddha. Faktor pendukung adalah siswa yang tidak memudahkan guru dalam mengelola kelas serta dalam penerapan pembelajaran offline atau datang ke rumah siswa membuat siswa aktif dan sekolah juga menyediakan Wi-Fi untuk mendukung siswa dan guru dalam pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Aktivitas Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:19
Last Modified: 28 Apr 2025 08:19
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item