Analisis Faktor-Faktor Permasalahan Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Buddha Di Sma Negeri 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran

Widiyanto, Eko (2021) Analisis Faktor-Faktor Permasalahan Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Buddha Di Sma Negeri 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-cover.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-cover.pdf - Cover Image

Download (797kB)
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli _pengesahan.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli _pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli_ Bab 1 Pendahuluan.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli_ Bab 1 Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-Bab 2 Kajian Pustaka.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-Bab 2 Kajian Pustaka.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-Bab 4 hasil Penelitian dan pembahasan.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-Bab 4 hasil Penelitian dan pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-Bab 5 Penutup.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-Bab 5 Penutup.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-Daftar Pustaka.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of eko widiyanto pdf asli-Lampiran2.pdf] Text
eko widiyanto pdf asli-Lampiran2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji Analisis Faktor-Faktor Permasalahan Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Buddha di SMA Negeri 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran daring, faktor-faktor permasalahan pembelajaran daring, dan upaya guru mengatasi permasalahan pembelajaran daring Pendidikan agama Buddha di SMA Negeri 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik

Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Negeri 1 Negerikaton Kabupaten Pesawaran menggunakan sistem daring dan luring. Pembelajaran yang dilakukan berjalan cukup baik namun masih belum efektif. Pelaksananaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Buddha menggunakan aplikasi whatsapp sebagai alat untuk berkomunikasi dan penyampaian tugas kepada peserta didik. Pembelajaran yang dilakukan memiliki beberapa permasalahan yang menjadi penghambat diantaranya yakni keterbatasan sarana penunjang yang tidak dimiliki oleh peserta didik seperti smartphone dan kuota internet, jaringan internet yang kurang maksimal, tingkat pemahaman peserta didik yang menurun, hasil belajar yang kurang maksimal, dan kontrol terhadap pelaksanaan pembelajaran sukar dilaksanakan guru. Upaya mengatasi permasalahan atau hambatan pelaksanaan Pembelajaran daring yang dilakukan guru Pendidikan Agama Buddha yakni Pihak sekolah telah memberikan sarana pendukung dalam pelaksanan pembelajaran daring bagi guru dengan menyediakan wifi disekolah dan beberapa personal computer (PC) guna pembelajaran tersebut dapat berjalan, guru melakukan koordinasi dengan peserta didik atau melakukan komunikasi melalui pesan whatsaap, Guru memberikan buku paket atau buku cetak kepada peserta didik agar peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar mandiri dirumah, dan pihak sekolah memberikan kebijakan dengan melaksanaan pembelajaran luring yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan di sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Permasalahan Pembelajaran Daring.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:11
Last Modified: 28 Apr 2025 07:11
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item
View Item