Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pemahaman Materi Pancasila Buddhis Pada Siswa SMB Dharma Gaya

Khoreson, Hervina Agustina (2023) Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pemahaman Materi Pancasila Buddhis Pada Siswa SMB Dharma Gaya. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab-1.pdf] Text
Bab-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-2.pdf] Text
Bab-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-3.pdf] Text
Bab-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-4.pdf] Text
Bab-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-5.pdf] Text
Bab-5.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Riwayat Hidup.pdf] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi digital terhadap Pemahaman Materi Pañca�īla Buddhis pada siswa SMB Dharma Gaya. Pañca�īla Buddhis adalah pengetahuan tentang nilai-nilai lima dasar moralitas yang dimiliki siswa-siswi dalam memahami pengertian dari Pañca�īla Buddhis, isi dari Pañca�īla Buddhis, manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan Pañca�īla Buddhis, dan mengerti cara-cara melaksanakan Pañca�īla yang tertuang dalam perbuatan melalui pikiran, ucapan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey dan teknik pengolahan data dari penyebaran instrumen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMB Dharma Gaya yang berusia 13-19 tahun yang berjumlah 39 siswa. Alat ukut untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan 75 dengan menggunakan skala likert pada jawaban.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis linear sederhana diperoleh t hitung = 3,849 sedangkan t tabel dengan n = 39 didapat dk = (39-2) diperoleh 37 dengan nilai t tabel = 1,687 dan a = 0,05. Maka dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (3,849 > 1,687) atau sig (0,000 � 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Literasi digital memberikan pengaruh terhadap pemahaman materi Pañca�īla Buddhis sebesar 28,6% dan 71,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Literasi Digital, Buddhis Education, Pemahaman Materi Pañca�īla Buddhis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Digital, Buddhis Education, Pemahaman Materi Pañca�īla Buddhis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:56
Last Modified: 29 Apr 2025 01:47
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item
View Item