Agustina, Hervina (2023) Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pemahaman Materi PañcaÅÄ«la Buddhis Pada Siswa SMB Dharma Gaya. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.
Cover.pdf
Download (1MB)
Bab-1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB) | Request a copy
Bab-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB) | Request a copy
Bab-3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB) | Request a copy
Bab-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (586kB) | Request a copy
Bab-5.pdf
Download (235kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (238kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi digital terhadap Pemahaman Materi PañcaÅÄ«la Buddhis pada siswa SMB Dharma Gaya. PañcaÅÄ«la Buddhis adalah pengetahuan tentang nilai-nilai lima dasar moralitas yang dimiliki siswa-siswi dalam memahami pengertian dari PañcaÅÄ«la Buddhis, isi dari PañcaÅÄ«la Buddhis, manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan PañcaÅÄ«la Buddhis, dan mengerti cara-cara melaksanakan PañcaÅÄ«la yang tertuang dalam perbuatan melalui pikiran, ucapan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey dan teknik pengolahan data dari penyebaran instrumen. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMB Dharma Gaya yang berusia 13-19 tahun yang berjumlah 39 siswa. Alat ukut untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan 75 dengan menggunakan skala likert pada jawaban.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis linear sederhana diperoleh t hitung = 3,849 sedangkan t tabel dengan n = 39 didapat dk = (39-2) diperoleh 37 dengan nilai t tabel = 1,687 dan a = 0,05. Maka dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (3,849 > 1,687) atau sig (0,000 ⤠0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Literasi digital memberikan pengaruh terhadap pemahaman materi PañcaÅÄ«la Buddhis sebesar 28,6% dan 71,4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Literasi Digital, Buddhis Education, Pemahaman Materi PañcaÅÄ«la Buddhis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Literasi Digital, Buddhis Education, Pemahaman Materi PañcaÅÄ«la Buddhis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 02:56 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 02:56 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/266 |