Pengaruh Game Online Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMA Tri Ratna Sibolga

Harianto, Agus (2023) Pengaruh Game Online Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMA Tri Ratna Sibolga. Other thesis, Stiab Jinarakkhita.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Bab-1.pdf] Text
Bab-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-2.pdf] Text
Bab-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-3.pdf] Text
Bab-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-4.pdf] Text
Bab-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab-5.pdf] Text
Bab-5.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Riwayat Hidup.pdf] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan teknologi dan popularitas game online telah memicu perdebatan tentang dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu untuk mengenali, memahami, mengelola, dan menggunakan emosi secara efektif dalam situasi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh game online terhadap kecerdasan emosional individu terutama pada siswa SMA Tri Ratna Sibolga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey dan teknik pengolahan data dari penyebaran instrumen. Alat ukur untuk mengumpulkan data berupa kuisioner dengan jumlah pertanyaan 74 item dengan menggunakan skala likert pada jawaban. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan metode proportionate stratified random sampling.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 4,238 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan t tabel dengan n = 100 dan α = 0,05 diperoleh nilai 1,661. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung ≥ t tabel (4,238 > 1,661 atau sig < 0,05 (0,000 ≤ 0,05) maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sedangkan nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,155 yang berarti bahwa game online berpengaruh terhadap kecerdasan emosional sebesar 15,5%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada pengaruh game online terhadap kecerdasan emosional SMA Tri Ratna Sibolga. Besarnya pengaruh tersebut adalah 15,5% sedangkan 84,5% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Game online, Buddhis Education, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game online, Buddhis Education, Kecerdasan Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:01
Last Modified: 07 Dec 2023 02:01
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item
View Item