Pengaruh Praktik Mindfulness Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus di STIAB Jinarakkhita Lampung)

Priono, Priono (2023) Pengaruh Praktik Mindfulness Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus di STIAB Jinarakkhita Lampung). Other thesis, Stiab Jinarakkhita.

[thumbnail of Priono Cover Skripsi.pdf] Text
Priono Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Priono Bab I.pdf] Text
Priono Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of Priono Bab II.pdf] Text
Priono Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Priono Bab III.pdf] Text
Priono Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of Priono Bab IV.pdf] Text
Priono Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of Priono Bab V.pdf] Text
Priono Bab V.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of Priono Daftar Pustaka.pdf] Text
Priono Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Priono Lampiran.pdf] Text
Priono Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh praktik Mindfulness terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa STIAB Jinarakkhita Lampung. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa yaitu menunda mengerjakan tugas kuliah, bermalas-malasan, mahasiswa yang lebih memilih aktivitas lain seperti bermain game, bermain sosial media, dan bermain bersama teman dibanding dengan mengerjakan tugas, kesulitan membagi waktu dalam pengerjaan tugas kuliah dan keras kepala terhadap tugas yang diberikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 148 dengan sampel berjumlah 108, diperoleh dengan teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling. Penelitian dilakukan di STIAB Jinarakkhita Lampung dengan responden mahasiswa semester II hingga VIII tahun akademik 2022/2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara praktik mindfulness terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan thitung sebesar -7,572, dan nilai signifikansi (p) adalah 0,000 < 0,05. Dari hasil perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh nilai R Square sebesar 0,351. Ini berarti praktik mindfulness berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik sebesar 35,1% dan sisanya 64,9% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Praktik Mindfulness, Prokrastinasi Akademik, Buddhist Education

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Mindfulness, Prokrastinasi Akademik, Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2023 09:31
Last Modified: 06 Dec 2023 09:31
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item