Pengaruh Praktik Mindfulness Dalam Mengatasi Kejenuhan Pembelajaran Daring Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung Tahun 2022

Luwiha, Luwiha (2022) Pengaruh Praktik Mindfulness Dalam Mengatasi Kejenuhan Pembelajaran Daring Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung Tahun 2022. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh praktik Mindfulness dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung tahun 2022. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa yaitu mahasiswa kurang senang mengikuti perkuliahan seperti videonya tidak diaktifkan saat mengikuti perkuliahan berlangsung, kurang tertarik dengan penjelasan dosen seperti sering ditinggal pergi saat perkuliahan berlangsung, kurang fokus menjaga perhatian seperti mengobrol sendiri dengan teman saat perkuliahan berlangsung, dan kurang terlibat bertanya seperti terlalu banyak diam/pasif saat perkuliahan berlangsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teknik pengolahan data berdasarkan hasil dari penyebaran instrument. Alat untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan 83 item dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden. Cara yang digunakan untuk menguji besarnya pengaruh menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program IBM SPSS 26.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dan regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 33,809 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan t tabel dengan n = 98 dan α = 0,05 diperoleh nilai 2,089. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung ≥ t tabel (33,809 > 2,089 atau sig < 0,05 (0,000 ≤ 0,05) maka Ha diterima sedangkan HO ditolak. Dengan nilai R Square 0,923 yang berarti bahwa Mindfulness berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring sebesar 92,3%.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada pengaruh Mindfulness dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung tahun 2022. Besaran pengaruh tersebut adalah 92,3%, sedangkan 6,7% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Mindfulness, Kejenuhan Pembelajaran Daring, Buddhist BEducation

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mindfulness, Kejenuhan Pembelajaran Daring,Buddhist Education
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 30 Sep 2023 08:37
Last Modified: 30 Sep 2023 08:37
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item