Luwiha, Luwiha (2022) Pengaruh Praktik Mindfulness Dalam Mengatasi Kejenuhan Pembelajaran Daring Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung Tahun 2022. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (499kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (581kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh praktik Mindfulness dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung tahun 2022. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa yaitu mahasiswa kurang senang mengikuti perkuliahan seperti videonya tidak diaktifkan saat mengikuti perkuliahan berlangsung, kurang tertarik dengan penjelasan dosen seperti sering ditinggal pergi saat perkuliahan berlangsung, kurang fokus menjaga perhatian seperti mengobrol sendiri dengan teman saat perkuliahan berlangsung, dan kurang terlibat bertanya seperti terlalu banyak diam/pasif saat perkuliahan berlangsung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teknik pengolahan data berdasarkan hasil dari penyebaran instrument. Alat untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan 83 item dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden. Cara yang digunakan untuk menguji besarnya pengaruh menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program IBM SPSS 26.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dan regresi linear sederhana diperoleh nilai t hitung sebesar 33,809 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan t tabel dengan n = 98 dan α = 0,05 diperoleh nilai 2,089. Hal ini dapat diasumsikan bahwa t hitung ⥠t tabel (33,809 > 2,089 atau sig < 0,05 (0,000 ⤠0,05) maka Ha diterima sedangkan HO ditolak. Dengan nilai R Square 0,923 yang berarti bahwa Mindfulness berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring sebesar 92,3%.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa ada pengaruh Mindfulness dalam mengatasi kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita Lampung tahun 2022. Besaran pengaruh tersebut adalah 92,3%, sedangkan 6,7% dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci: Mindfulness, Kejenuhan Pembelajaran Daring, Buddhist BEducation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mindfulness, Kejenuhan Pembelajaran Daring,Buddhist Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 30 Sep 2023 08:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2023 08:37 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/195 |