Sukesi, Dewi (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011-2012. Other thesis, Stiab Jinarakkhita lampung.
COVER.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (893kB)
dafpus.pdf
Download (5kB)
Abstract
Beberapa masalah yang timbul di SMA Bodhisattva adalah kurang aktifnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan pemilihan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan lebih didominasi oleh guru, karena metode yang digunakan adalah metode ceramah klasik. Sehingga hasil yang didapatkan siswa yang satu dengan siswa yang lain mengalami perbandingan yang cukup jauh.
Pemilihan metode mengajar agar siswa bisa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran agar mencapai prestasi yang lebih baik dan pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dalam proses belajar adalah dengan mengunakan pembelajaran Teams Games Tournament. Pembelajaran Teams Games Tournament merupakan salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan dan melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan teknik studi kasus, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Buddha siswa melalui uji validitas dan reliabilitas untuk menguji tingkat validitas serta reliabilitas instrument.
Uji normalitas digunakan untuk menguji variabel bersifat normal atau tidak. Regresi linier sederhana untuk dapat menghasilkan keputusan dalam menerima atau menolak hipotesis yang ditetapkan. Uji coba instrumen ini yang pertama dilakukan di Vihara Dhammaramsi, Teluk Betung dengan jumlah 13 siswa yang diluar jumlah populasi dan sampel. Siswa tersebut merupakan siswa dari SMA Guna Dharma, Teluk Betung. Untuk penyebaran instrumen yang kedua dengan jumlah 22 siswa di SMA Bodhisttva Bandar Lampung.
Berdasarkan nilai R square atau R2 = 0,69,5=69,5%. Nilai tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 69,5% dan masih ada 30,5% di pengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan analisis data koefisien Model Pembelajaran Teams Games Tournament diperoleh nilai t hitung = 6,749 sedangkan t tabel dengan n =22-2=20 dan a =0,05 diperoleh nilai 1,725. Hasil tersebut berarti t hitung> t tabel yaitu 6,749>1,725, dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikanantara Model Pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran agama Buddha kelas X SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di SMA Bodhisattva Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011-2012 mendapat pengaruh yang siginifikan dan positif.
Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament,Prestasi Belajar Siswa , Buddhis Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament,Prestasi Belajar Siswa , Buddhis Education |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | [error in script] |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 10:28 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 10:28 |
URI: | https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/186 |