Pengembangan Kecerdasan Intelektual melalui Samadhi menurut Agama Buddha

Mirsah, Mirsah (2023) Pengembangan Kecerdasan Intelektual melalui Samadhi menurut Agama Buddha. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of DAFPUS.pdf] Text
DAFPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Intelegensi atau kecerdasan, merupakan dasar atau pondasi dari serangkaian kecakapan yang dimiliki setiap manusia sejak lahir. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu berpikir secara rasional, realistis, bijaksana dan mampu mengimplikasikan kecerdasannya dengan perbuatan yang baik (kusala), dalam agama Buddha ditunjukkan dengan perilaku pengamatan fenomena yang terjadi dalam masyarakat pada koridor pikiran positif.
Usaha yang dilakukan dalam pengkondisian lingkungan yang memenuhi syarat pembentukan kecerdasan secara efektif adalah peningkatan pola hidup yang baik sebagai suatu sikap dan usaha yang dilakukan melalui Samadhi sehingga memperoleh kecerdasan, diwujudkan dengan menerapkan metode pengkondisian lingkungan melalui praktik atau latihan Samadhi. Kecerdasan (patibhana) adalah kecerdasan, pengertian dan kemampuan, yang terbentuk apabila syarat-syarat yang mempengaruhi pembentukan kecerdasan secara kondusif dan intensif bersinergi serta berlangsung secara kontinuitas. Pengembangan kecerdasan intelektual melalui Samadhi adalah proses, cara, perbuatan, menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan melalui berpikir dengan memusatkan pikiran terhadap obyek.
Penelitian ini bersifat kepustakaan dan menggunakan metodologi kepustakaan dengan langkah-langkah penulisan skripsi yang ditempuh oleh penulis agar terarah, dan tertata secara sistematis sebagai berikut; Langkah pertama, pendahuluan yang membahas kerangka dasar dan rasionalitas skripsi, meliputi: Latar Belakang Masalah,Identifikasi Masalah,Batasan Masalah, Rumusan Masalah,Tujuan Penelitian,dan Manfaat Penelitian.Pembahasan bab pendahuluan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi bahwa pembahasan skripsi ini mempunyai landasan yang jelas dan menjadi indikator bahwa masalah-masalah yang dikemukakan bisa dipertanggungjawabkan validitas dan reliabilitasnya dari segi ilmiah, karena disusun berdasarkan metode dan persyaratan keilmuan; Langkah Kedua, telaah kepustakaan terhadap Kecerdasan Intelektual melalui Samadhi menurut agama Buddha. Pembahasannya meliputi: Konsep Pengembangan Kecerdasan Intelektual melalui Samadhi; Upaya.
Pengembangan Kecerdasan Intelektual melalui Samadhi, Manfaat pengembangan kecerdasan intelektual melalui Samadhi sehingga akan memperjelas alur pemikiran penulisan skripsi. Pembahasan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang arah penulisan skripsi ini; Langkah Ketiga, membahas metodologi penelitian yang menjadi indikator bahwa skripsi ini bias dipertanggungjawabkan validitas dan reliabilitasnya dari segi ilmiah,karena disusun berdasarkan metode dan persyaratan keilmuan; Langkah keempat, analisis dan pembahasan pengembangan kecerdasan intelektual melalui Samadhi. Pembahasan ini dimaksudkan untuk memperjelas pengembangan kecerdasan intelektual melalui Samadhi menurut agama Buddha. Penulisan skripsi ini ditutup dengan pembahasan simpulan dan saran, yaitu hasil pembahasan pada langkah-langkah sebelumnya, dirumuskan oleh penulis dalam berbagai bentuk pernyataan. Hal ini merupakan saripati dari isi skripsi, dan menjawab permasalahan, yang telah dirumuskan.
Keywords: Pengembangan,Kecerdasan Intelektual,Samadhi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Intelektual melalui Samadhi menurut Agama Buddha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email wistina_seneru@stiab-jinarakkhita.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:25
Last Modified: 29 Sep 2023 04:25
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item
View Item