Kajian Lingkungan Keluarga Dalam Membina Perilaku Anak Menurut Pandangan Agama Buddha

Riyanto, Riyanto (2023) Kajian Lingkungan Keluarga Dalam Membina Perilaku Anak Menurut Pandangan Agama Buddha. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of DAFPUS.pdf] Text
DAFPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai orang tua selalu mengharapkan anaknya menjadi anak yang baik, berguna dan bermanfaat, maka terpenting adalah perhatian, tanggung jawab, mendidik, serta membimbing langsung kepada anak-anaknya, janganlah menyerahkan sepenuhnya kepada pembantu, atau lupaakan kewajiban orang tua terhadap anak hanya karena kesibukan pekerjaan kantor, berdagang, apabila sebagai orang tua dalam melaksanakan kewajiban sesuai dengan prinsip ajaran Sang Buddha di dalam Sigalovada Sutta, maka nantinya anak-anak kita menjadi anak yang baik bagi orang tuanya sendiri maupun bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan penulisan skripsi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat dalam memilih lingkungan yang sehat baik fisik maupun secara moral dalam pandangan agama Buddha, memberikan pemahaman tentang peranan lingkungan keluarga dalam membentuk perilaku anak menurut pandangan agama Buddha.
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian tentang Kajian Lingkungan Keluarga dalam Membina Perilaku Anak Menurut Pandangan Agama Buddha. Menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan (library search). Pada hasil kajian, bertujuan untuk mempertahankan bentuk dan isi perilaku seseorang dan menganalisis kualitas-kualitasnya dengan pendekatan Buddhis. Studi kepustakaan mempunyai ciri yaitu: bahwa peneliti berhadapan langsung dengan teks atau data angka dan bukan dengan pengetahuan langsung dari lapangan atau saksi mata (eyewitness) berupa kejadian, orang atau benda-benda lainnya. Studi kepustakaan harus memenuhi relevansi yang berkenaan dengan kecocokan antara variabel-variabel yang diteliti dengan teori yang yang dikemukakan.
Hasil kajian dalam skripsi ini memberikan gambaran bagaimana membina perilaku anak yang baik. Lingkungan yang sehat dapat memberikan konstribusi yang baik bagi perkembangan anak. Lingkungan sehat meliputi, yaitu: (1) kesehatan, (2) peningkatan moral (3) keharmonisan keluarga. Lingkungan yang baik dalam agama Buddha dijelaskan dalam mahamanggala sutta, yaitu: bertempat tinggal yang sesuai merupakan suatu berkah utama. Untuk menciptakan keluarga yang harmonis terhadap beberapa faktor yaitu: (1) memiliki keyakinan yang sama (saddha), (2) memiliki moral yang sama (sila), (3) memiliki kemurahan hati yang sama (cagga),(4) memiliki kebijaksanaan yang sama (panna). Faktor-faktor tersebut merupakan suatu pondasi untuk menciptakan keluarga yang harmonis. Pendidikan anak dalam agama Buddha dijelaskan dala Sigalovada Sutta yaitu: (1) mencegah anak berbuat jahat, (2) menganjurkan anak berbuat baik, (3) memberikan pendidikan professional kepada anak. Dalam pemahaman skripsi ini didapat beberapa yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam membentuk perilaku anak menjadi bermoral yang baik, terdapat beberapa syarat yaitu: (1) lingkungan yang sehat baik jasmani dan rohani, (2) llingkungan keluarga yang harmonis, (3) kewajiban orang tua dalam mendidik anak.

DAFTAR PUSTAKA
Bungin,Burhan.2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Rajagrafindo : Jakarta

David.1989. The Book of Kindred Saying (Samyutta Nikaya) Vol.I.London:The Pali Text Society.

Davids.Rhys.2002.Dialogues of The Buddha(Digha Nikaya)Vol.III.Oxford:The Pali Tex Society.

Davids.Rhys.2002.Dialogues of The Buddha (Digha Nikaya)Vol.IV. Oxford:The Pali Tex Society.

Desmmita.2006. Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya : Bandung

Dhammavisarada,Rashid Teja S.M,1997.Sila dan Vinaya. Buddhis Boddhi: Jakarta.

Hasan,Igbal. 2002. Metodelogi Penelitian dan aplikasinya.Ghalia Indonesia: Jakatra.

Hasbullah.2001.Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Bumi Aksara.Jakarta

Horner.M.A.2000.Middle Length Saying (Majjhima Nikaya) Vol.I. Oxford:The Pali Text Society

Kaharuddin Pandit.J.Abhidhammatthasangha. CV.Yanwreko Wahana Karya.

Kountur,Rony.1993.Metode Penelitian.Bumi Aksara.Jakarta

Mukti Wijaya Krishnanda.2003. Wacana Buddha dhamma.Dharma Pembangunan: Jakarta.

Mulia.Ricki.2005.Kesehatan Lingkungan.Graha Ilmu:Jakarta

Mulyana,Deddy.2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdarkarya: Bandung.

Nasution,S.2007.Metode Research.Bumi Aksara : Jakarta.

Norman,K.R.2001. The Group of Discourses Second Edition (Sutta Nipata). Oxford:The Pali Text Society.

Notoatmodjo,Soekidjo Dr.Pengantar Pendidikan Kesehatan dan IImu Perilaku. 1993. Andi offset. Yogyakarta,(online)(http://www.ipin4u.esmartstudent.com/mapres.htm, diakses pada tanggal 02 Februari 2010.)

Notoatmodjo,Soekidjo.1997.IImu Kesehatan Masyarakat.Jakarta:Rineka Cipta

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.21 Tahun 1994 Tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera. Jakarta

Purwanto, Ngalim. 1992. Psikologi Pendidikan.PT Remaja Rosdakarya : Bandung.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka:Jakarta.

Sansanadhaja, 1996. Tuntutan Perkawinan dan Hidup Berkeluarga Dalam Agama Buddha:Jakarta

Strauss, Anselm. Tanpa tahun. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif.

Translated.Muhamad Shodiq dan Imam MuttaqienPustaka Pelajar: Yogyakarta.

Sugiono.2008.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Syamsu Yusuf, 2006. Perkembangan Anak dan Remaja: Bandung.PT.Rineka Cipta

Undang-undang 10 Tahun 1992,Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga Sejahtera. Jakarta

Undang-undang No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Undang-undang No.23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.2009.Visimedia:Jakarta

Undang-undang No.23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan.Jakarta

Undang-undang No.23 Tahun 1997 Tentang Pengolahan Lingkungan Hidup. Jakarta

Undang-undang No.4 Tahun 1982 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta

Wikipedia, 2010:2. Sikap. (online) (http://id.wikipedia.org/wiki/Sikap, diakses pada tanggal 25 Maret 2010)
Wilis,Sofyan S. 2009. Konseling Keluarga. Alfabeta : Bandung

Woodward,F.L dan Hare,E.M.1989. The Gradual Saying (Anguttara Nikaya) Vol.II.London:The Pali Text Society
Zed,Mestika.2004.Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta.
Keywords: Lingkungan Keluarga, Perilaku Anak, Pandangan Agama Buddha, Buddhist Education

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Perilaku Anak, Pandangan Agama Buddha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: [error in script]
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:36
Last Modified: 29 Sep 2023 03:36
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item