Kajian Lingkungan Keluarga Dalam Membina Perilaku Anak Menurut Pandangan Agama Buddha

Riyanto, Riyanto (2010) Kajian Lingkungan Keluarga Dalam Membina Perilaku Anak Menurut Pandangan Agama Buddha. Other thesis, Stiab Jinarakkhita Lampung.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of DAFPUS.pdf] Text
DAFPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai orang tua selalu mengharapkan anaknya menjadi anak yang baik, berguna dan bermanfaat, maka terpenting adalah perhatian, tanggung jawab, mendidik, serta membimbing langsung kepada anak-anaknya, janganlah menyerahkan sepenuhnya kepada pembantu, atau lupaakan kewajiban orang tua terhadap anak hanya karena kesibukan pekerjaan kantor, berdagang, apabila sebagai orang tua dalam melaksanakan kewajiban sesuai dengan prinsip ajaran Sang Buddha di dalam Sigalovada Sutta, maka nantinya anak-anak kita menjadi anak yang baik bagi orang tuanya sendiri maupun bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan penulisan skripsi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat dalam memilih lingkungan yang sehat baik fisik maupun secara moral dalam pandangan agama Buddha, memberikan pemahaman tentang peranan lingkungan keluarga dalam membentuk perilaku anak menurut pandangan agama Buddha.
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian tentang Kajian Lingkungan Keluarga dalam Membina Perilaku Anak Menurut Pandangan Agama Buddha. Menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan (library search). Pada hasil kajian, bertujuan untuk mempertahankan bentuk dan isi perilaku seseorang dan menganalisis kualitas-kualitasnya dengan pendekatan Buddhis. Studi kepustakaan mempunyai ciri yaitu: bahwa peneliti berhadapan langsung dengan teks atau data angka dan bukan dengan pengetahuan langsung dari lapangan atau saksi mata (eyewitness) berupa kejadian, orang atau benda-benda lainnya. Studi kepustakaan harus memenuhi relevansi yang berkenaan dengan kecocokan antara variabel-variabel yang diteliti dengan teori yang yang dikemukakan.
Hasil kajian dalam skripsi ini memberikan gambaran bagaimana membina perilaku anak yang baik. Lingkungan yang sehat dapat memberikan konstribusi yang baik bagi perkembangan anak. Lingkungan sehat meliputi, yaitu: (1) kesehatan, (2) peningkatan moral (3) keharmonisan keluarga. Lingkungan yang baik dalam agama Buddha dijelaskan dalam mahamanggala sutta, yaitu: bertempat tinggal yang sesuai merupakan suatu berkah utama. Untuk menciptakan keluarga yang harmonis terhadap beberapa faktor yaitu: (1) memiliki keyakinan yang sama (saddha), (2) memiliki moral yang sama (sila), (3) memiliki kemurahan hati yang sama (cagga),(4) memiliki kebijaksanaan yang sama (panna). Faktor-faktor tersebut merupakan suatu pondasi untuk menciptakan keluarga yang harmonis. Pendidikan anak dalam agama Buddha dijelaskan dala Sigalovada Sutta yaitu: (1) mencegah anak berbuat jahat, (2) menganjurkan anak berbuat baik, (3) memberikan pendidikan professional kepada anak. Dalam pemahaman skripsi ini didapat beberapa yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam membentuk perilaku anak menjadi bermoral yang baik, terdapat beberapa syarat yaitu: (1) lingkungan yang sehat baik jasmani dan rohani, (2) llingkungan keluarga yang harmonis, (3) kewajiban orang tua dalam mendidik anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Perilaku Anak, Pandangan Agama Buddha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: wistina wistina seneru
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:36
Last Modified: 28 Apr 2025 05:56
URI: https://repository.stiab-jinarakkhita.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item